Minggu, 25 Februari 2018

STUDI ISLAM KLASIK



STUDI ISLAM KLASIK
KITAB SHAHIH MUSLIM
 
            Ada beberapa cara penerapkan Metodologi Studi Islam klasik, salah satunya adalah mengkaji kitab.  Dalam kesempatan ini saya akan mengkaji kitab hadist Imam muslim. Sebelum saya jelaskan biografi imam muslim , saya kan menelaah kondisi kitab yang saya kaji berdasarkan fisik kitab tersebut, yakni meliputi ketebalan halamannya, kondisi kertasnya, bagaimana kondisi sampulnya , siapa penerbitnya , dan gaya penulisannya.
            Kitab ini berjudul shohih Muslim, yang  di dalamnya terdapat hadist-hadist yang di riwayatkan oleh imam Muslim. Tidak ada penyertaan tahun terbit dalam kitab ini. Cover kitab ini berwarna hijau tua, dengan tulisan berwarna emas , dan menggunakan bahasa  Arab. Bahan untuk membuat cover ini menggunakan bahan canvas, selain itu di bagian depan cover ada gambar ilustrasi yang menambah kesan keklasikan kitab ini.   Judul atasnya  bertuliskan “Shohih Muslim” , jus ke 2 dan di susun  oleh Dahlan dari Bandung. Hadist-hadis imam Muslim dalam kitab  ini disusun dari beberapa kitab-kitab terdahulu yang telah teruji kebenaranya.  Tebal kitab ini adalah 638 halaman.  Penulisan kitab ini menggunakan bahasa  Arab gundul. Kertas yang di gunakan untuk kitab ini lumayan bagus , warnanya putih ke kusam-kusaman menandakan bahwa kitab ini sudah lama di terbitkan. Kalaupun tidak, itu menambah kesan keklasikan juga.
            Selain kelebihan-kelebihan yang saya sebutkan di atas, Kitab ini juga memiliki kelemahan dalam bentuk penulisannya , yakni susunan hadistnya kurang pas  antara isi dan bab namun sebagian kecil saja.  Tulisan arabnya terlalu kecil, kurang rapi dan kurang jelas.  Bagi pembaca yang  sudah fasih membaca  arab gundul  mungkin semua kelemahan itu bisa di tanganinya. Orang-orang awam akan arab Gundul membutuhkan waktu lama untuk memahami isi kitab itu, Termasuk saya.
             Untuk menjelaskan bagian isi saya menggunakan bantuan kitab tafsir Shohih Muslim. Yang di dalamnya ada beberapa kesamaan kitab dan bab. Kitab tafsir ini isinya lebih lengkap dari kitab asli yang saya kaji.  Terdapat 78 kitab dan beratus-ratus bab di dalamnya. Alasan utama saya memakai buku tafsirnya atau terjemahaannya karena saya tidak bisa membaca bahasa Arab gundul.  Saya akan membahas sedikit  kitab tafsirnya. Kitab tafsir yang lumayan tebal ini masih ringkasan dari hadist shahih Muslim. Tebal halamannya 1315 halaman.  buku ini hasil penerjemahan dari karya Imam Al-Mudziri . penerjemahnya adalah Achmad Zaidun, di Jakarta tahun 2003.
            Sebelum masuk ke bagian isi, sebaiknya kita mengetahui lebih dekat siapa itu Imam Muslim. Saya akan menyampaikan biografi beliau secara singkat.  Muslim bin Hajjaj bin Muslim bin Wardi bin Kawisyadz Al-Qusyairi  An- Naisaburi. Nama panggilanya adalah Abdul  Huzain. Dia adalah imam besar, hafizh, menjadi Hujjah dan Shadiq (berlaku benar).  Imam muslim lahir pada  tahun 204 hijriah. Saya akan menyebutkan beberapa ulama yang menyanjung dan mengakui keshahihan hadist imam muslim. Di antaranya adalah Ahmad bin Salamah,  Abu Amr  Ahmad bin Al-mubarak, Abdurrahman bin Abi hatim, Abu Quraisy Al-Hafiz dan sebagainya.
            Imam  Muslim menata hadist dan jalur riwayatnya dengan tertib dan indah, beliau mempunyai karya yakni AL-jamii.  Ketelitian, keselektifan, dan kecermatannya  adalah karakter dari  Imam Muslim. Hal itu di paparkan oleh Imam An-Nawawi. Kitab Shahih Muslim memberikan pengetahuan kepada manusia betapa jeli, dan disiplin ilmu seorang Imam Muslim.  Dalam Tahdzib Al-Kamal, 27/ 499-504, Al-Mizzi telah menyebutkan bahwa Guru imam muslim sekitar 224 orang.
            Saya akan memberikan contoh satu hadist yang ada dalam kitab Shohih Muslim, yakni mengenai  kitab ilmu , dengan bab “ orang yang teladan baik atau buruk di dalam islam ”.

 


             Isi hadist di atas bisa di artikan sebagai berikut , Diriwayatkan dari jarir Abdullah r.a.dia berkata : beberapa orang arab pedalaman datang kepada Rasulullah Saw. Melihat keadaan mereka yang menyedihkan , di karenakan memakai pakaian yang bisa di katakana secara kasar yakni pakaian jelek . Rassulullah menyadari bahwa mereka butuh bantuan, sehingga beliau langsung memerintahkan masyarakat muslim untuk bersedekah. Namun  mereka (umat muslim) kurang merespon perintah beliau, sehingga itu menyebabkan Rassulullah kecewa.
            Kata jarir : ada seorang laki-laki dari kaum Anshar memberikan bantuan berupa sejumlahuang kepada orang miskin itu , yang kemudian banyak orang yang mengikuti tindakannya tersebut. Dengan melihat kejadian itu Wajah Rassulullah yang tadinya kecewa berubah seketika , sehingga keriangan tampak di wajah Rassulluah Saw. Lalau Rassulullahpun bersabda bahwa “ Barang siapa memberi teladan yang baik di dalam islam, lalu diikuti oleh orang lain sesudahnya, maka di catat untuknya  pahala sebanyak yang diperoleh  orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang mereka peroleh dan barang siapa yang memberi  teladan jelek di dalam islam maka sebaliknya”
            Jadi pesan yang dapat saya simpulkan dari hadist ini adalah marilah kita slalu senantiasa memberikan teladan yang baik. Jika seseorang meniru teladan kebaikan kita insyaallah pahala selalu mengalir untuk kita. Dan hendaknya sebagai umat manusia kita harus saling membantu saudara-saudara kita yang sedang kesusahan. Menurut saya dalam membantu tidak usah memilih-milih apa agamanya, mahzabnya karena Allah SWT maha tau mana yang benar dan salah.  Manusia yang berakal senatiasa akan berhati-hati dalam melangkah, jangan sampai langkah buruk kita, langkah sesat kita di tiru oleh manusia lainnya yang kan  menjadikan dosa investasi di akhirat nanti.
            Perjuangan saya menemukan kitab ini bisa dikatakan lumayan mengesankan.  Tiga hari saya dan teman saya berada di perpustakaan untuk mencari kitab asli dan tafsirannya.  Sebenarnya banyak sekali kitab asli disana, tapi karena saya tidak bisa membaca kitab aslinya jadi saya memerlukan kitab Tafsir untuk mengkaji salah satu  hadistnya.  Hari pertama saya hampir 3 jam di lantai dua perpustakaan pusat mencocokan kitab asli dan tafsir namun hasilnya nihil. Hari kedua saat jam kuliah sudah selesai saya datang ke perpustakaan sendiri , waktu itu saya bingung , karena pada dasarnya semua juga akan nihil. Tapi tak di sangka-sangka saat saya membalik-balikan buku berlarian mencocokan kode, saya bertemu dengan  teman lama saya, yakni anak FUD semester 6 prodi Tafsir Qur’an sedang mengerjakan tugas disana.
            Semua itu atas izin Allah Swt. Karena jika kita berusaha pasti ada saja jalan keluarnya. Teman saya itu bernama Mas Anshori dan mbak Evi. Setelah mereka mendengar apa yang saya cari, mas An dana mbak Evi ikut membantu saya menemukan kitab asli sekaligus tafsirannya. Ya sekitar  sepuluh menit mereka menemukan kitab sekaligus tafsirnya.  Bersyukur sekali dalam hatiku , jika tidak ada mereka  saya pasti masih kebingungan dalam berburu kitab. Sungguh mengesankan sekali tugas MSI kali ini.  Mereka juga mengajari ku cara mencari ayatnya. Saya juga akan memaparkan gimana cara mencari hadist dengan panduan tafsir terjemahan bagi kita yang sama sekali tidak mengerti  bahasa Arab Gundul.
            Pertama,  buka daftar isi kitab tafsir terjemahan dan kitab aslinya. Kedua , pilih kitab apa yang ingin kamu kaji. Missal, kitab ilmu, kitab sholat , kitab tafsir, kitab iman dan lain sebagainya. Ketiga, missal saya memilih kitab ilmu. Buka halaman yang ada di kitab terjemah  , lalu cocokan bab yang ada di kitab terjemah dan kitab asli. Nah, bagian ini sangat sulit bagi kita yang tidak bisa membaca huruf Arab. Jadi kita harus mencocokan huruf per huruf  sampai ketemu bab dan hadistnya. Begitulah cara saya dalam menemukan sepotong hadist yang saya bahas dalam Esai ini.
            Dengan adanya tugas mengkaji kitab ini, saya merasakan bahwa masih banyak ilmu-ilmu yang belum kita ketahui. Banyak hal-hal baru yang sangat mengasyikan tapi kita membenci. Ya, karena pada awalnya saya merasa ini adalah tugas yang berat. Tapi seberat apapun itu pasti kita bisa menyelesaikannya.  Semoga Esai ini bisa bermanfaat untuk pembacanya.  Segala kritik yang membangun saya harapkan dan saya ucapkan terimaksih.

Retna Ayu Cahyani

IAIN SURAKARTA
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Metodologi Studi Islam

NAMA        : Retna Ayu Cahyani NIM             : 175231145 KELAS        : Perbankan Syariah/ 2D Tongkrongan Zaman Now (La Mod...